Manfaat dan Langkah Pembuatan Standar Operasional Prosedur Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki panduan didalam menerapkan tugas beserta dengan fungsi setiap elemen yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan. SOP atau Standar Operasional Prosedur menjadi sistem yang dibuat guna memudahkan, menertibkan dan merapikan pekerjaan yang berkaitan dengan sebuah intansi atau perusahaan. Standar operasional prosedur perusahaan dibuat agar orang-orang yang berada di bawah naungan perusahaan dapat melakukan hal-hal apa yang harus dilakukan, bagaimana untuk melakukan pekerjaan yang dibebankan dan dimana lokasi pekerjaan yang harus dilakukan. Karena memberikan panduan dalam melakukan pekerjaan di sebuah perusahaan, standar operasional prosedur memiliki peranan yang sangat penting bagi karyawan perusahaan. Karyawan perusahaan nantinya memiliki sumber informasi yang valid guna melakukan pekerjaan yang dibebankan kepadanya.

Manfaat Keberadaan Standar Operasional Prosedur Perusahaan

Karena memiliki peranan yang sangat penting bagi karyawan perusahaan, standar operasional prosedur tentunya memiliki beberapa manfaat bagi karyawan dan perusahaan itu sendiri. Karyawan nantinya dapat menempatkan dirinya dengan baik akan tugas-tugas yang harus mereka kerjaan. Dengan posisi karyawan yang tepat akan tugas-tugasnya, sebuah perusahaan nantinya dapat berjalan dengan baik sehingga mencapai kesuksesan yang diharapkan. Jika diperhatikan dengan seksama, ada beberapa manfaat standar operasional prosedur perusahaan yang patut kita ketahui, diantaranya:

pxhere.com
  1. Merupakan standarisasi bagi karyawan untuk melakukan tugas-tugasnya dengan baik sehingga terhindar dari kelalaian dan mengurangi kesalahan dalam bekerja.
  2. Standar operasional prosedur dapat memberikan bantuan kepada karyawan perusahaan untuk bekerja dengan mandiri dan tidak memiliki ketergantungan kepada intervensi manajemen. Dengan kata lain, keterlibatan para pemimpin perusahaan dapat dikurangi pada pelaksaan kinerja sehari-hari perusahaan.
  3. Mampu meningkatkan akuntabilitas perusahaan dengan tanggung jawab di dalam melaksanakan tugas-tugas perusahaan.
  4. Standar operasional prosedur sebuah perusahaan dapat dijadikan ukuran standar dalam bekerja bagi karyawan. Standar operasional prosedur nantinya dapat mengevaluasi usaha para karyawan yang telah mereka lakukan.
  5. Menciptakan bahan training guna membantu para karyawan baru untuk mencapai tugasnya dalam waktu cepat.
  6. Menunjukkan kinerja perusahaan bahwa perusahaan dikelola dengan cara-cara yang baik.
  7. Memberikan pedoman kepada semua karyawan perusahaan yang bekerja di unit-unit perusahaan agar dapat melaksanakan tugas-tugasnya.
  8. Menghindari tumpang tindih pemberian tugas yang dibebankan kepada karyawan perusahaan.
  9. Menjamin proses pelayanan sehingga situasi di dalam perusahaan dapat terkontrol dengan baik.
  10. Standar operasional prosedur juga dijadikan sebagai tolak ukur perusahaan guna mendapatkan karyawan yang paham akan tugas-tugas yang diberikan.
pxhere.com

Langkah Pembuatan Standar Operasional Prosedur Perusahaan

Sebagai acuan para karyawan untuk bekerja sesuai dengan kebijakan perusahaan, standar operasional prosedur dibuat dengan pertimbangan yang matang. Ada banyak pertimbangan yang digunakan oleh perusahaan sebelum membuat standar operasional prosedur yang nantinya akan diterapkan oleh perusahaan. Berbicara mengenai standar operasional prosedur, ada beberapa jenis standar operasional prosedur yang diterapkan oleh perusahaan. Standar operasional prosedur dalam perekrutan karyawan baru, standar operasional prosedur perjalanan dinas, standar operasional prosedur cuti karyawan, standar operasional prosedur pengunduran diri, standar operasional prosedur kenaikan gaji karyawan dan standar operasional prosedur penilaian kinerja karyawan merupakan beberapa jenis standar operasional prosedur yang dimiliki oleh perusahaan. Sesuai dengan manfaatnya, beberapa standar operasional prosedur yang diterapkan oleh perusahaan bertujuan untuk meminimalkan kesalahan kegiatan para karyawan yang sedang berlangsung. Setelah mengetahui beberapa jenis standar operasional prosedur yang banyak diterapkan oleh perusahaan, di bawah ini merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika membuat standar operasional prosedur perusahaan:

  1. Membuat susunan kerja

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika akan membuat standar operasional prosedur adalah dengan membuat susunan kerja. Di dalam membuat susunan kerja, kepala bagian atau manajer perusahaan akan menentukan hal-hal apa saja yang nantinya akan dibahas di dalam pembuatan standar operasional prosedur.

pxhere.com
  1. Merencanakan alur proses

Setelah membuat susunan kerja, langkah selanjutnya yang harus dilakukan ketika membuat standar operasional prosedur adalah merencanakan alur proses. Merencanakan alur proses dilakukan dengan cara menentukan format, membuat template dan menyetujui format yang telah dibuat. Langah-langkah tersebut nantinya dapat mempermudah akses dalam menerapkan standar operasional prosedur.

  1. Lakukan wawancara

Standar operasional prosedur dapat dibuat dengan baik setelah perusahaan telah melakukan wawancara kepada semua karyawannya. Wawancara dilakukan dengan tujuan mengetahui aktifitas harian karyawan dan mengetahui bagaimana karyawan bekerja di dalam perusahaan.

  1. Tulis, bahas dan sosialisasikan

Ketika wawancara selesai dilakukan, perusahaan dapat langsung menulis standar operasional prosedur, menilai apakah ada kesenjangan diantara perusahaan dan karyawannya serta melakukan pembahasan kembali akan materi yang telah dikumpulkan sebelumnya. Jika telah menemui kesepakatan, standar operasional prosedur dapat langsung disosialisasikan.

pxhere.com
  1. Mengadakan pelatihan

Setelah standar operasional prosedur dibuat dan disosialisasikan, perusahaan sebaiknya melakukan pelatihan yang diterapkan kepada para karyawannya. Dengan begitu, perusahaan dapat melihat apakah standar operasional prosedur yang dibuat dapat berjalan sesuai dengan harapan.

  1. Evaluasi

Langkah terakhir yang harus dilakukan oleh perusahaan di dalam pembuatan standar operasional prosedur adalah dengan melakukan evaluasi. Dengan melakukan evaluasi, perusahaan dapat menilai apakah standar operasional prosedur yang telah dibuat perlu ditambah atau dihilangkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *