Cara Mengatasi Masalah Susah Bab

0 Comments

Susah Bab memang menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Pasalnya susah Bab juga bisa menyebabkan penyakit lainnya timbul. Untuk itu jika anda mengalami susah Bab jangan anggap sepele, hal tersebut malah akan bertambah fatal. Segera berikan obat atau ramuan-ramuan alami yang bisa melancarkan Bab. Susah Bab memang disebabkan oleh masalah kekurangan serat makanan, seperti halnya ketika makan hanya makan nasi dengan lauk saja tanpa diiringi dengan sayuran atau buah-buahan hal ini bisa mengakibatkan sembelit atau susah Bab. Lalu bagaimana cara mengatasi ketika anda sembelit? Caranya sangat mudah sekali dan bisa anda lakukan di rumah tanpa harus pergi ke doktor. Berikut ini beberapa tips mengatasi susah Bab.

Tips Mengatasi Susah Bab

  1. Perbanyak minum air putih

Air putih dipercaya dapat melancarkan Bab, karena jika usus besar memiliki banyak cairan dari air putih maka tinja akan lunak dan dengan mudahnya dikeluarkan. Sedangkan jika kekurangan air putih dan serat maka usus besar akan kekurangan cairan hasilnya akan terjadi sembelit. Untuk itu minumlah air putih dengan banyak, minimal sehari 8 gelas selain menghindari sembelit juga berfungsi untuk kesehatan tubuh lainnya. Namun 8 gelas tidak bisa menjadi patokan karena bisa dilihat dari tubuh seseorang, jika memiliki tubuh dan perawakan yang besar maka meminum lebih dari 8 gelas dalam sehari. Atau bisa dilihat dari warna urine, ketika urine berwarna putih bening seperti air maka cairan anda sudah normal, namun jika urine berwarna kuning pekat bisa dikatakan anda kurang cairan. Untuk itu anda bisa menambah minum dalam sehari.

pexels.com
  1. Makan yang berserat

Sembelit juga diakibatkan karena kekurangan makan yang mengandung serat. Untuk itu sebelum makan ada baiknya anda mengkonsumsi buah-buahan seperti pepaya, pisang, apel, dan lain-lain yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh anda. selain buah-buahan jangan sampai lupa untuk makan sayur setiap hari. Karena sayur juga memiliki vitamin yang bisa diserap tubuh sedangkan seratnya bisa digunakan untuk melancarkan Bab. Namun ketika anda ingin menambah jumlah serat dalam tubuh sebaiknya bertahap jangan langsung banyak. Karena jika langsung banyak secara mendadak bakal mengakibatkan perut kembung.

  1. Berolahraga

Olahraga juga menjadi salah satu alternatif yang bisa anda lakukan di rumah untuk mengurangi susah Bab. Karena olahraga juga berpengaruh terhadap otot yang ada dalam usus. Cobalah untuk berjalan selama 15-30 menit setiap harinya, hal ini bisa mengatasi masalah susah Bab yang anda rasakan.

  1. Konsumsi minyak zaitun

Minum minyak zaitun bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi susah Bab. Anda bisa mencampurnya dengan madu atau dengan salad buah dan makanan-makanan yang mengandung serat lainnya. Namun untuk minyak zaitun ini tidak bisa dikonsumsi oleh sembarang orang, seperti wanita hamil dan anak-anak harus sesuai dengan petunjuk dokter atau anda bisa konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

  1. Lakukan dengan teratur

Anda seharusnya memiliki waktu khusus untuk melakukan Bab, seperti pada pagi hari sewaktu bangun tidur. Ketika anda ingin Bab juga jangan sampai anda tahan, karena jika ditahan akan mempersulit Bab anda. Berilah pula waktu luang jangan sampai terburu-buru karena Bab akan membutuhkan konsentrasi dan tempat yang nyaman dan aman. Dan pastikan tempat penampungan tinja yang ada di rumah atau di kantor anda penuh yang akan mengakibatkan mampet hingga meluap yang akan membuat anda risih untuk Bab dan pada akhirnya akan menyebabkan sembelit. Jika anda mengalami masalah wc anda mampet anda bisa memanggil sedot wc surabaya yang handal dan cepat terhadap masalah wc yang mampet.

pexels.com
  1. Berendam dengan garam inggris

Dalam inggris atau garam epsom juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah susah Bab. Pasalnya garam inggris ini jika dicampur dengan air akan mengasilkan air dengan magnesium atau sulfat, hal ini bisa digunakan untuk mengatasi susah Bab. Caranya dengan cara mencampurkan 3-5 sendok garam inggris dengan air yang hangat kemudian gunakan untuk berendam, nantinya air tersebut akan masuk ke tubuh dan bisa mempengaruhi gerak usus anda kemudian tinja akan menjadi lunak dan mudah dikeluarkan. Namun cara ini tidak diperbolehkan dalam jangka panjang karena tidak bagus untuk kesehatan dan jangan berikan kepada anak-anak dibawah 6 tahun karena hal tersebut akan berbahaya untuk kesehatan.

Demikian beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sembelit atau susah Bab. Selain itu ada beberapa macam buah-buahan yang bisa mengatasi masalah susah Bab. Berikut ini makanan yang bisa digunakan untuk mencegah dan mengatasi sembelit baik anak-anak maupun dewasa.

Makanan Kaya Serat Atasi Sembelit

  1. Popcorn

Makanan yang berasal dari jagung in diperkaya dengan serat yang tinggi yang bisa digunakan untuk mengatasi sembelit. Bila anda ingin diet dan tidak susah Bab anda bisa mengkonsumsi popcorn, karena makanan ini memiliki banyak serat namun rendah kalori. Namun mengkonsumis popcorn juga harus berhati-hati seperti jangan terlalu banyak memberinya garam.

  1. Kacang

Sayur kacang-kacangan bisa memberikan serat dua kali lipat dibanding dengan sayuran. Anda bisa memasak jenis-jenis kacang-kacangan untuk anda konsumsi agar bisa mengatasi masalah susah Bab anda. karena kacang akan memberikan serat yang dibutuhkan untuk tubuh.

  1. Roti gandum

Roti yang terbuat dari tepung gandum juga memiliki kadar serat yang tinggi sehingga bisa digunakan untuk memperlancar Bab. Selain roti anda bisa memilih makanan lainnya yang memiliki kandungan gandum atau whole.

  1. Brokoli

Sayur brokoli juga dipercaya memiliki serat yang tinggi, brokoli juga tidak kalah dengan jenis kacang-kacangan karena ia memiliki banyak sekali serat yang memiliki nutrisi untuk tubuh manusia. Sebaiknya anda memasak brokoli dengan cara mengukus, membakar, atau memangganggnya. Karena jika dimasak dengan cara lainnya bisa saja menambah kalori. Namun brokoli yang memiliki tingkat serat yang lebuh banyak yaitu brokoli yang tidak dimasak atau dalam keadaan mentah. Anda bisa memakannya dalam keadaan mentah-mentah ditambah dengan bumbu-bumbu seperti saus tomat.

pexels.com
  1. Buah pir dan apel

Kadar serat pada buah tinggi mampu mengatasi masalah susah Bab yang anda alami. Dengan mengkonsumi apel dan pir anda bisa terbebas dari masalah sembelit. Selain itu tubuh anda akan menjadi sehat.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi masalah susah Bab dan jenis-jenis makanan yang bisa digunakan untuk melancarkan Bab. Masalah Bab memang bukan masalah yang biasa-biasa saja, namun masalah tersebut jika dibiarkan akan berakibat fatal untuk kesehatan anda. untuk itu sebelum terjadi anda bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan serat, sehingga menjadikan tubuh anda sehat terhindar dari segala masalah kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sedang mengalami sembelit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *