Rekomendasi Tempat Wisata Malang

0 Comments

Malang adalah salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Timur. Sebagai salah satu wilayah yang memiliki potensi wisata cukup baik, kota Malang saat ini dikenal dengan predikat salah satu destinasi wisata terfavorit. Berbagai macam potensi tempat wisata Malang yang bisa kita temukan di antaranya seperti wisata alam, wisata permainan, wisata edukasi, wisata kuliner, hingga wisata sejarah. Dengan banyaknya potensi tersebut, kota Malang kini semakin ramai dikunjungi wisatawan baik wisatawan local, domestik, dan mancanegara. Beberapa destinasi wisata di kota Malang juga bukan hanya ramai sewaktu hari libur, melainkan di hari-hari biasa.

Walau kota Malang terkenal sebagai destinasi favorit, namun tidak hanya kota Malang yang menopang banyaknya wisatawan yang berkunjung. Selain di Kabupaten Malang itu sendiri, masih banyak juga daerah di sekitar kota Malang yang menyimpan potensi wisata terbaik. Dari sekian banyaknya daerah tersebut, Kabupaten Batu adalah salah satu daerah wisata yang memiliki potensi wisata luar biasa. Kabupaten Batu sendiri adalah tempat wisata yang berada di Kabupaten Malang. Oleh sebab itu, bagi wisatawan yang tengah bingung mencari tempat wisata Malang terbaik selain di kota Malang, mereka bisa mencoba mengunjungi Kabupaten Batu. Jarak yang perlu ditempuh dari kota Malang hingga kota daerah Kabupaten Batu pun tidak terlalu jauh.

Tempat Wisata Malang Terpopuler

Memilih destinasi wisata di dalam negeri merupakan tindakan wisatawan domestik dan lokal yang tidak kalah baik. Selain karena destinasi wisatanya luar biasa, jumlah anggaran yang nanti dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Anda bisa menghemat pengeluaran wisata hingga 60% dibanding datang dan mengunjungi destinasi wisata di luar negeri. Seperti yang telah disebutkan di atas, dari sekian banyaknya destinasi wisata terbaik yang ada di tanah air, kota Malang adalah salah satunya. Selain karena memberikan pengalaman baru, latar belakang tempat wisata Malang juga berbeda dibanding banyak tempat. Di tempat ini, ada sejumlah wisata yang ramai dikunjungi karena memang unik dan mendidik. Bahkan, ada juga destinasi wisata yang mengagumkan karena segi penataan dan teknologinya yang digunakan.

www.pexels.com

Destinasi Wisata Malang yang Paling Sering Dikunjungi

Untuk bisa mendapatkan pengalaman rekreasi yang baik, tentunya perencanaan adalah salah satu hal yang cukup penting. Perencanaan itu sendiri pun bisa termasuk ke dalam perencanaan destinasi wisata yang akan dikunjungi, estimasi waktu liburan, serta perencanaan anggaran. Semakin matang perencanaan yang dibuat, tentu akan semakin efektif juga anggaran yang nanti perlu dikeluarkan. Berikut ini ada beberapa tempat wisata Malang yang paling populer dan wajib anda datangi.

  1. Bromo

Gunung Bromo adalah rekomendasi destinasi wisata pertama yang perlu anda kunjungi. Karena keindahannya yang begitu luar biasa, gunung Bromo tidak memiliki daya tarik bagi traveler, wisatawan local, wisatawan domestic, dan wisatawan asing. Gunung Bromo memiliki ketinggian hingga 2329 MDPL dan memiliki beberapa objek wisata menarik lainnya. Beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi yaitu seperti Bukit Penanjakan, Kawah Bromo, Pasir Berbisik, Padang Savana, serta ada bukit Telettubies.

  1. Museum Angkut

Untuk destinasi wisata lain yang bisa wisatawan kunjungi yaitu Museum Angkut. Museum Angkut merupakan tempat wisata yang memiliki koleksi alat transportasi yang lengkap dari segi tahun pengeluarannya. Berbagai jenis alat transportasi tersebut dapat anda nikmati, dari alat transportasi klasik, modern, hingga yang paling canggih. Jika dibandingkan museum yang lain, museum Angkut ini jauh lebih ramai, seru, dan menarik untuk dikunjungi. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari konsep pengelolaan yang dilakukan. Di museum angkut ini, para wisatawan dapat mengambil foto dirinya dengan background yang menarik, bahkan para wisatawan juga dapat berfoto dengan menaiki koleksi alat transportasi yang tersedia.

  1. Jatim Park 1

Bagi wisatawan yang ingin mencari destinasi wisata yang mampu memberikan edukasi, salah satu yang cukup populer adalah Jatim Park. Di tempat ini, para wisatawan banyak menemukan wahana yang mampu memacu adrenalin. Selain itu, wisatawan juga dapat berlagak layaknya ilmuan karena terdapat berbagai macam alat permainan yang bertemakan dengan ilmu fisika, kima, dan teknologi. Jatim Park merupakan tempat wisata yang cocok dikunjungi dari berbagai macam kalangan.  Lengkapnya wahana yang ditemukan di Jatim Park 1 didukung dengan fasilitas wisata yang telah disediakan.

  1. Jatim Park 2

Sama halnya dengan Jatim Park I, tempat wisata Jatim Park 2 ini juga sama-sama menjadi destinasi wisata edukasi. Yang berbeda dari Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 adalah adanya tempat khusus yang berupa flora dan fauna. Di Jatim Park 2 ini, tersedia menu utama yang terdiri dari Batu Secret Zoo dan Eco Green Park. Selain itu juga, terdapat area museum satwa yang bisa wisatawan kunjungi. Perlu diketahui, museum satwa yang berada di Jatim Park 2 adalah museum terbesar dan terlengkap yang ada di Indonesia. Lewat tempat ini, wisatawan akan menemukan beragam koleksi satwa yang jarang anda temui.

  1. BNS (Batu Night Spectacular)

Sesuai dengan namanya, Batu Night Spectacular merupakan destinasi wisata yang hanya dibuka pada malam hari. Lebih lengkapnya, BNS dibuka mulai sore hari dan ditutup pada pukul 12 malam. Di tempat wisata ini, ada beberapa wahana yang bisa wisatawan coba. Beberapa wahana tersebut meliputi rumah hanto, rodeo, rumah kaca, dan wahana seru yang lain. Ada 25 wahana menarik yang bisa wisatawan coba untuk menambah pengalaman liburan anda.

www.pexels.com
  1. Coban Rondo

Coban menurut bahasa daerah setempat memiliki arti sebagai air terjun. Oleh sebab itu, Coban Rondo merupakan destinasi wisata alam yang berupa air terjun. Di Coban Rondo wisatawan dapat melakukan swafoto atau selfie dengan latar background air terjun. Coban Rondo cocok bagi para wisatawan yang mendambakan liburan dengan tema natural, udara segar dengan air terjunnya yang jernih akan memberi wisatawan sebuah pengalaman yang tidak terlupakan.

  1. Taman Labirin Coban Rondo

Selain wisata alam air terjun Coban Rondo, wisata alam lain yang bisa wisatawan kunjungi yaitu Taman Labirin Coban Rondo.  Walau masih terbilang baru, wisatawan Taman Labirin Coban Rondo sudah ramai dikunjungi. Labirin yang telah dibuat pengelola wisata Coban Rondo ini merupakan labirin buatan yang dibuat dari bahan alami. Untuk bisa menikmati wisata ini, wisatawan harus menemukan jalur keluar. Namun tidak perlu cemas apabila anda tersesat di dalam labirin ini. Di dalam labiran Coban Rondo, ada meenara pengawas yang memantau para wisatawan. Tinggi labirin yang dibuat pengelola ini mencapai 2 meter.

  1. Pantai Balekambang

Wisata alam lain yang bisa dikunjungi para wisatawan adalah pantai Balekambang. Dari beberapa pantai yang lain, pantai Balekambang adalah salah satu pantai yang paling terkenal di Malang. Di pantai ini, wisatawan dapat menemukan hamparan pasir putih yang bersih dan indah. Walau ombak di pantai Balekambang termasuk ganas, wisatawan masih bisa bermain melakukan swafoto di bagian pinggir atau pesisir. Selain keindahan pantai yang luar biasa, wisatawan juga akan menemukan pulai kecil di lepas bibir pantai Balekambang. Pada bagian pesisir pantai pulau tersebut, terdapat jembatan yang bisa wisatawan seberangi. Untuk biaya menyebrang ke pulau kecil tersebut, wisatawan cukup mengeluarkan ongkos sebesar Rp. 20.000,-. Dengan ongkos yang relatif murah, wisatawan dapat mendapatkan pengalaman dan sensasi berjalan di atas laut.

  1. Pantai Tiga Warna

Selain pantai Balekambang, pantai lain yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah pantai Tiga Warna. Pantai Tiga Warna berada di Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dibanding pantai yang lain, pantai Tiga Warna memiliki keunikannya tersendiri. Di pantai ini wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan air laut yang memiliki warna yang berbeda-beda. Warna yang dilihat pada pantai Tiga Warna ini, antara lain warna biru, hijau, dan warna bening. Perbedaan warna yang tampak pada pantai ini disebabkan karena perbedaan kedalaman yang begitu mencolok.

www.pexels.com

Tips Sebelum Pergi ke Wisata Malang

Setelah mengetahui tempat wisata Malang mana saja yang akan dikunjungi, para wisatawan juga harus mengetahui beberapa tips sebelum melakukan perjalanan. Walau sering dianggap remeh, beberapa tips berikut ini sering kali membuat wisatawan menyesal ketika melewatkannya.

  1. Mengatur Jadwal Wisata

Selain mengetahui tempat wisata yang akan dikunjungi, baiknya wisatawan perlu merencanakan jadwal keberangkatannya. Jika anda memilih pergi di hari-hari liburan, maka siapkan diri anda bahwa tempat wisata tersebut pasti ramai. Alokasikan juga waktu anda untuk merencanakan jam keberangkatan sewaktu di jalan. Hindari untuk memilih rute perjalanan yang berpotensi macet, anda bisa mengambil rute alternatif yang tersedia.

  1. Memilih Alat Transportasi

Tips kedua yang tidak kalah penting adalah memperhatikan akomodasi perjalanan yang digunakan. Jika anda memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, usahakan untuk mengecek kondisi kendaraan terlebih dahulu. Menggunakan kendaraan pribadi yang tidak dalam performa cukup baik dapat menimbulkan masalah di tengah perjalanan. Selain menggunakan kendaraan pribadi, melakukan liburan ke kota Malang juga dapat anda lakukan dengan menyewa rental mobil malang. Untuk awalnya anda bisa berangkat dari kota anda dengan menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus, atau pesawat. Setelah sampai di kota Malang, wisatawan dapat menyewa mobil untuk melakukan perjalanan liburan. Apabila anda tidak yakni melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi karena faktor kondisi tubuh, sangat disarankan kepada anda untuk menggunakan transportasi umum.

  1. Perencanaan Keuangan

Tips terakhir yang perlu wisatawan persiapkan yaitu masalah anggaran. Sebelum berangkat, pastikan anda telah mengalokasikan seberapa besar jumlah nominal yang telah disiapkan. Dari jumlah anggaran tersebut, anda tentu akan mengetahui tempat-tempat, biaya transportasi dan penginapan yang akan dikeluarkan.

  1. Menjaga Kondisi Tubuh

Berlibur dengan kondisi tubuh yang tidak fit tentu menjadi suatu hal yang tidak menyenangkan. Apabila anda adalah wisatawan yang datang dari kota yang jauh dari Malang, pastikan anda benar-benar menyiapkan tubuh dalam kondisi prima. Hindari berbagai macam kegiatan yang dapat mengganggu kondisi kesehatan. Pastikan anda tidur dengan teratur dan perbanyak konsumsi berbagai macam makanan yang menyehatkan, Tidak hanya kondisi kendaraan yang harus harus dipersiapkan dengan prima, tubuh anda juga harus dipersiapkan agar tidak ada muncul masalah sewaktu melakukan perjalanan.

www.pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *