Islam

Punya Rencana Nikah Muda? Simak Terlebih Dahulu Kiat dan Tips Menikah Muda

Proses di dalam sebuah pernikahan selalu berkembang berdasarkan zaman. Bisa dilihat sendiri tentang yang namanya nikah muda. Dahulu, masa orang tua anda, pernikahan di usia muda menjadi hal yang begitu wajar dan tidak menjadi masalah. Akan tetapi, berbeda dengan sekarang, meskipun ada tips menikah muda, tetapi itu menjadi hal yang begitu menakutkan. Banyak faktor yang mempengaruhi gagasan tersebut. Mulai dari finansial, karir dan masih banyak hal lainnya. Padahal sebenarnya menikah muda bukanlah sebuah hal yang salah. Generasi yang beda membuat berbagai ketakutan itu muncul. Berbicara mengenai hal ini, sebetulnya apa sih yang ditakutkan di dalam menikah  muda? Pastinya anda penasaran akan hal ini bukan?

Sebaiknya anda tidak perlu takut melangsungkan pernikahan di usia muda. Asalkan anda sudah siap secara mental langsung saja anda menikah. Menikah muda justru akan membuat anda menyesal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang belum menikah pada umur 20-an akan punya kecenderungan depresi. Hal yang membuat mudah terjangkit obat-obatan. Di mana 52% laki-laki menikah muda merasa puas dari pada 35% laki-laki bujang. Menikah muda juga bisa membuat anda tumbuh menua bersama. Maksudnya, di usia yang sangat muda, anda bisa menghadapi apapun itu sebagai bersama, baik suka ataupun duka. Anda bisa merasakan bagaimana perjuangan yang dilakukan. Menciptakan sebuah pondasi yang kokoh agar kehidupan pernikahan menjadi harmonis dan langgeng.

Bagi anda yang takut menikah muda karena belum dewasa. Sangat lucu kalau ketakutan yang semacam itu muncul. Anda harus mengerti bahwa usia bukanlah sebuah ukuran dalam melihat kedewasaan seseorang. Di dalam sebuah hubungan terlebih pernikahan, yang terpenting ialah pendekatan yang dilakukan di dalam menghadapi masalah yang ada. Sikap yang terbaik untuk menghadapi konfilk ialah penyelesaian secara bersama. Tidak bisa anda menjadikan umur sebagai alasan kedewasaan seseorang. Terlepas dari semua hal tadi, menikah pada usia muda merupakan keputusan individu. Pentingnya membaca tips menikah muda dengan tujuan memberikan referensi untuk anda. Disamping itu, anda harus percaya pada diri anda, bahwa keputusan yang diambil merupakan yang terbaik.

www.pexels.com

Tips Menikah Muda, Membuatmu Yakin Melangkah ke Pelaminan

Bila anda memiliki keinginan dalam melakukan pernikahan di usia muda, maka persiapan matang harus dilakukan. Anda seharusnya sudah memahami bahwa menikah bukan sesuatu yang sepele, moment yang sakral dan tidak akan terlupakan. Keputusan nikah muda, artinya anda bisa membagi berbagai hal sejak awal bersama pasangan. Tentu persiapan harus anda lakukan dengan baik, tidak hanya siap cincin kawin saja. Namun, secara psikologis juga perlu diperhatikan. Anggapan negatif mengenai nikah mudah sudah beredar di masyarakat. Persepsi salah dianut oleh masyarakat, di mana menganggap pernikahan dini sama dengan menikah muda. Padahal keduanya merupakan sesuatu yang jauh berbeda dalam segi apapun itu.

Terlepas dari hal tersebut, sebetulnya pemahaman yang salah di masyarakat itulah yang menjadikan menikah muda memiliki dampak negatif. Kalau dilihat dari sisi lain, justru menikah muda ini dapat memberikan hal yang positif terhadap pasangan.

  • Menghindarkan dari dosa. Sekarang banyak anak-anak muda yang majikan pacaran. Bahkan sampai bertahun-tahun, hal yang tidak dianjurkan dan agama. Makanya menikah muda menjadi salah satu cara untuk mencegah yang namanya dosa. Selain itu, juga bisa menghalangi dari seks bebas dan penyakit berbahaya.
  • Menikah muda bisa membuat anda mewujudkan impian bersama dengan pasangan. Muda adalah usia dengan semangat tinggi mencapai impian. Dengan menikah muda, anda akan punya teman, punya support yang akan mendampingi mencapai impian dengan suka ataupun duka yang ada. Seluruh dilewati secara bersama dengan pasangan, yang akan menjadikan anda lebih semangat lagi.
  • Akan terlihat menjadi orang tua yang trendy dan muda. Kemungkinan anda menjadi orang tua di usia muda sangat besar bila menikah muda. Jadi anda akan selalu terlihat muda meskipun sudah memiliki buah hati. Bahkan anda bisa menjadi orang tua yang baik dalam mendidik anda. Bisa membatasi anda dengan teknologi yang terkadang membuat beberapa anak salah pergaulan.

Nah itulah nilai positif menikah muda. Berikutnya akan dibahas mengenai tips menikah muda. Dadi ulasan itu, sebaiknya tidak boleh memandang menikah muda sesuatu yang negatif. Justru kesalahan persepsi dianut oleh masyarakat yang menjadikan menikah muda negatif.

www.pexels.com

Inilah Tips Menikah Muda Paling Tepat

Sebaiknya anda tidak perlu takut untuk menikah muda. Seorang banyak pasangan yang ingin menikah diusia muda. Kenyataan ini sebenarnya sangat baik, dari pada berbuat sesuatu yang tidak dianjurkan oleh agama. Jalan terbaik ialah dengan menikah muda. Menjadikan hal positif lebih banyak dibandingkan dengan yang negatif. Meskipun demikian, tidak banyak orang yang tahu tentang apa yang terjadi di dalam rumah tangga muda itu. Yang jelas, tidak bisa dilepaskan dari konfilk dan masalah. Di sinilah yang seharusnya mampu anda atasi dengan baik. Tips menikah muda yang harus anda perhatikan agar bisa membentuk keluarga harmonis diantaranya sebagai berikut.

  • Kunci utama kesuksesan dalam menikah di usia muda ialah berani untuk berkomitmen. Menikah akan menjadikan anda berpasangan, dengan karakter berbeda pasti akan ada tantangan di dalamnya. Apalagi kalau kemudian dianugerahi buah hati. Dari sinilah komitmen harus dibangun dari awal. Berkomitmen berarti siap untuk menerima apapun konsekuensi yang akan dihadapi.
  • Media sosial terkadang jadi boomerang bagi pasangan muda. Hal inilah yang sebaiknya perlu anda hindari. Di mana tidak boleh Anda menggunakan berbagai masalah pada media sosial yang dimiliki. Anda harus memahami dengan cerdas pemanfaatan media sosial itu seperti apa. Hari ini banyak pasangan muda  yang terjerumus dan salah dalam menggunakan media sosial. Jadi, berhati-hatilah.
  • Tips selanjutnya ialah dari segi psikologis sebaiknya sudah matang. Harus diakui bahwa secara psikis anak muda begitu labil. Hal yang pasti akan berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan. Di dalam menikah muda biasanya pasangan terbilang emosional ketika pengambilan keputusan. Hal yang sebenarnya akan sangat mengkhawatirkan. Maka dari itulah anda yang menikah muda perlu untuk belajar agar bisa saling menghargai dan memahami pasangan. Hindari mengambil keputusan kedua belak pihak dalam keadaan emosi yang tinggi.
  • Keputusan menikah muda memang tidak salah. Namun, ketika anda ambil keputusan ini maka anda harus siap dengan apapun itu. Salah satunya berhubungan dengan kondisi secara finansial. Alangkah baiknya, sebelum mengambil keputusan untuk menikah muda. Anda harus memastikan bahwa kondisi finansial anda dalam keadaan stabil. Artinya bisa mencukupi setalah anda melakukan pernikahan. Jangan sampai orang tua terbebani dengan keputusan anda menikah muda.
www.pexels.com

Demikian tips menikah muda yang bisa dibagikan kepada anda. Sekali lagi, bahwa menikah diusia muda tidaklah salah, bahkan malah bisa memberikan dampak yang baik. Namun, anda harus memperhatikan berbagai faktor dan aspek. Jadi anda sudah siap apapun itu dengan keputusan untuk menikah muda.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *