Umum

Tote Bag Simple Yang Serbaguna

Pada masa kini, fashion dan gaya hidup telah berbanding lurus dengan banyak nya item yang digunakan untuk menunjang berbagai gaya hidup masyarakat. Dalam gaya hidup masyarakat modern tidak terpisahkan dengan banyak item yang menyertainya. Fashion pada masa dewasa ini telah memberikan banyak sekali perubahan. Perubahan – perubahan tersebut termasuk dalam soal berpakaian, aksesoris yang dipakai hingga tambahan – tambahan lain yang menunjang penampilan. Para produsen dan pengrajin industri kreatif menciptakan inovasi – inovasi baru yang makin membuat jenis item fashion makin beragam. Tidak hanya berpusat pada pakaian akan tetapi aksesoris yang makin  lama makin banyak dipakai menjadikan bisnis ini sangat menguntungkan. Para produsen di bisnis ini menciptakan kreasi aksesoris yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Para produsen tersebut biasanya menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan mengikuti trend fashion luar negeri. Trend fashion luar negeri dibuat dengan nuansa tanah air yang membuat aksesoris atau pakaian – pakaian tersebut dapat digunakan oleh masyarakat indonesia. Penyesuaian ini juga bertujuan agar sesuai dengan budaya Indonesia. Tidak hanya masalah fashion, kesesuaian dengan trend yang sedang panas dibicarakan juga sangat mempengaruhi penjualan dari pakaian ataupun aksesoris tersebut.

Membicarakan tentang aksesoris, banyak benda atau item yang dikategorikan sebagai aksesoris. Aksesoris – aksesoris tersebut dapat dibedakan dalam bermacam – macam jenis. Tas, topi, sepatu, dan sandal semua item itu termasuk dalam jenis aksesoris. Aksesoris adalah tambahan item untuk menunjang fashion dari pemakainya. Fashion yang dipakai menunjukan tingkat sosial dari suatu masyarakat. Selain itu fashion juga dapat memberikan kesan tentang kepribadian pemakaianya. Fashion juga menunjukan pekerjaan dari pemakainya. Tas yang termasuk aksesoris juga memiliki banyak jenis, tas kerja, tas sekolah, tas seminar dan tas belanja. Jenisnya pun bermacam – macam, tas slempang, tote bag, tas punggung ataupun sling bag untuk wanita. Diantara banyak nya jenis tas, terdapat satu tas yang sudah sangat mendarah daging bagi masyrakat yaitu tote bag.

pxhere.com

Pengertian Tote Bag

 

Tote bag adalah sebuah tas jinjing serbaguna yang memiliki banyak model dan ukuran. Tas jinjing ini banyak jenis dan juga manfaatnya. Tas yang memiliki bentuk sangat simple ini memiliki banyak jenis dan kegunaan. Dengan ukuran yang lumayan besar tas ini mampu memuat banyak barang sekaligus. Tas – tas jinjing ini dapat digunakan untuk memuat buku, belanjaan ataupun hal – hal lain sesuai dengan kebutuhan. Yang biasa memakai tas jinjing ini tidak hanya terbatas pada Kalangan tertentu saja. Hampir semua kalangan memanfaatkan tas ini. Mahasiswa, ibu rumah tangga dan pekerja kantor menggunakan tas jinjing ini untuk keperluan mereka.

pxhere.com

Keuntungan Menggunakan Tote Bag

Terdapat beberapa keuntungan jika menggunakan tote bag, keuntungan tersebut antara lain:

  1. Memuat lebih banyak barang. Ukuran tote bag yang bervariasi memberikan keuntungan sendiri bagi penggunanya. Pengguna dapat menyesuaikan ukuran tote bag dengan barang yang akan dibawa nya.
  2. Lebih praktis. Penggunaan tas jinjing ini tergolong lebih praktis karena tidak lagi memerlukan kantong plastik yang setelah di pakai dibuang
  3. Ramah lingkungan. Tas jinjing yang telah dipakai bisa disimpan kembali untuk keperluan yang akan datang.
  4. Tas jinjing ini memiliki banyak kegunaan. Semua kalangan dapat menggunakan tas ini untuk keperluan mereka seperti membawa baju, buku, sayuran dan hal – hal lain yang dapat ditampung oleh tote bag ini.
  5. Masyarakat hanya perlu membeli tas jinjing ini sekali saja dan dapat digunakan berkali – kali sampai rusak. Masyarakat hanya perlu mengeluarkan uang 8 – 10 ribu rupiah untuk tas jinjing standart dan bisa digunakan untuk macam – macam hal.
pxhere.com

Penggunaan tas jinjing ini dianggap lebih ramah lingkungan dari pada menggunakan kantong kresek ataupun plastik. Kantong kresek yang biasanya digunakan sebagai wadah dalam setiap membeli sesuatu dianggap mencemari lingkungan dan makin menambah jumlah sampah. Sampah – sampah dari plastik tidak dapat diurai oleh tanah sehingga akan sangat mencemari lingkungan. Banyak pemerintah daerah yang mulai memberlakukan larangan penggunaan kantong kresek. Hal ini dilakukan agar menciptakan lingkungan yang nyaman dan bebas pencemaran. Walau banyak yang belum terbiasa menggunakan tas jinjing ini akan tetapi seiring berjalannya waktu masyarakat akan menjadi terbiasa. Salah satu daerah yang telah memberlakukan larangan kantong kresek adalah Bali. Bali terkenal akan keindahan alam dan wisatanya. Wisata – wisata bali terkenal di macanegara. Budaya dan pantai yang indah menjadi perhatian banyak wisatawan mancanegara untuk berkunjung. Pemerintah Bali telah memberlakukan larangan penggunaan kantong kresek sejak beberapa tahun yang lalu. Walau pada masa awal pemberlakuan ini cukup banyak menimbulkan pro dan kontra akan tetapi di tahun 2019 ini hampir semua kegiatan jual beli di Bali tidak menggunakan kantong kresek. Tidak terbatas pada toko –toko besar saja akan tetapi toko –toko kecil juga mulai menerapkan aturan ini. Bagi orang yang pertama kali ke Bali hal ini bisa menjadi sebuah informasi penting. Bali sudah tidak lagi menggunakan kresek sebagai sarana wadah hasil jual beli mereka. masyarakat Bali telah terbiasa menggunakan tas jinjing serbaguna.

 

 

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *