teknologi

Kelebihan Dan Kekurangan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Ujian nasional kini memiliki media baru untuk pelaksanaannya, yakni melalui komputer,, sejak tahun 2016 lalu ujian nasional berbasis komputer atau UNBK telah mulai disimulasikan dan di uji coba di indonesia. Ujian UNBK sendiri belum serentak dilaksanakan di seluruh sekolah indonesia, hanya sekolah dengan tertentu yang telah dianggap memenuhi standar pelaksanaan UNBK yang dapat mengadakan ujian nasional berbasis komputer ini.

Standar yang harus dipenuhi oleh tiap sekolah untuk dapat menggunakan sistem ujian nasional ini adalah memiliki ketersedian komputer yang dapat dijadikan sebagai media ujian nasional., memiliki jaringan atau koneksi internet yang kencang dan stabil dan sekolah telah sanggup untuk mengikuti ujian nasional dengan berbasis komputer.

Namun ujian nasional dengan komputer ini, tak sepenuhnya mendapat tanggapan yang positif banyak pula tanggapan yang menggap bahwa ujian nasional dengan berbasis komputer memiliki dampak negatif, begitu banyak pro dan kontra ditengah masyarakat mengenai ujian nasional berbasis komputer tersebut. berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari UNBK.

Kelebihan Ujian UNBK

1.Lebih Menghemat Anggaran

Kelebihan pertama dari pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer adalah lebih menghemat biaya, jika dibandingkan ujian nasional yang sebelumnya. Hal ini dikarenakan biaya yang dikeluarkan untuk penyelenggaraan ujian nasional secara manual membutuhkan biaya yang jauh lebih tinggi, biaya yang dikeluarkan tersebut berasal dari biaya pencetakan soal, pendistribusian soal yang memakan biaya yang tak sedikit. Sedangkan jika menggunakan ujian nasional berbasis komputer biaya tersebut dapat dipangkas, karena pada UNBK tidak butuhkan biaya pencetakan soal serta pendistribusian soal sehingga biaya tersebut dapat dialihkan untuk kepentingan pendidikan lainnya seperti pemberian beasiswa, maupun untuk melengkapi sarana serta prasarana sekolah.

stocksnap.io
  1. Keterlambatan Soal UN Bisa Diminimalisir

Ujian nasional yang harus dilakukan secara serentak tersebut, terkadang mengalami keterlambatan soal untuk datang pada tiap sekolah di seluruh penjuru indonesia, karen indonesia merupakan negara yang besar dan luas, tak mudah untuk dapat mencapai semua lokasi sekolah di seluruh indonesia, sehingga sering kali beberapa sekolah mengalami keterlambatan penerimaan soal ujian nasional, sedangkan jika menggunakan ujian nasional dengan berbasis komputer atau UNBK, keterlambatan pendistribusian tidak akan terjadi, karena hal tersebut dapat diakses secara langsung melalui komputer secara serentak.

 

  1. Meminimalisir Kecurangan Saat Proses Ujian Berlangsung

kelebihan lain dari UNBK adalah dapat meminimalisir kecurangan yang terjadi saat ujian, tentu sudah tak asing lagi dengan berbagai kecurangan yang dapat terjadi pada saat ujian dilaksanakan salah satunya adalah mencontek, dan bertanya jawaban pada teman seruangan ujian.

Namun jika menggunakan ujian nasional berbasis komputer, maka kecurangan seperti itu bisa diminimalisir, hal ini dikarenakan soal pada setiap orang di acak, sehingga menyulitkan untuk bertanya pada kawan, karena soal tiap komputer memiliki soal yang berbeda. Karena tidak dapat bertanya atau mencontek mau tak mau siswa harus menyiapkan diri secara maksimal selama proses ujian berlangsung.

  1. Lebih Memudahkan Siswa

kelebihan selanjutnya dari UNBK adalah, para siswa akan lebih diuntungkan atau dimudahkan, hal ini lantaran UNBK yang menggunakan komputer menyebabkan siswa tak perlu lagi melingkari jawaban dengan pensil, terkadang dalam menjawab soal kita sering memikirkan kembali soal tersebut dan memutuskan untuk mengubahnya, namun waktu yang digunakan untuk mengubah jawaban, bisa memakan waktu, berbeda dengan menggunakan komputer yang tak perlu membundari jawaban dengan pensil dan menghapus jawaban yang ingin dibuang. Sehingga siswa lebih banyak memiliki waktu untuk mengerjakan soal selanjutnya ketimbang harus menghapus jawaban mereka. Untuk dapat melancarkan UNBK anda bisa berbagai soal dan pembahasan UNBK dari buku atau internet

  1. Hasil Ujian Bisa Diketahui Dengan Cepat

berbeda dengan ujian nasional yang biasanya atau konvensional dimana anda harus menunggu untuk mengetahui hasil dari ujian anda, namun dengan unbk anda tidak lagi perlu untuk menunggu, karena hasil saat ujian nasional telah selesai dilakukan, anda bisa mengetahui nilai anda secara lebih cepat karena ujian nasional berbasis komputer ini.

stocksnap.io

Kekurangan UNBK

Tak hanya memiliki kelebihan, unbk juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah:

 

  1. Jumlah Komputer Yang Belum Memadai

kendala yang sering dialami tiap sekolah yang hendak melaksanakan ujian nasional dengan berbasis komputer adalah karena masih terbatasnya jumlah komputer yang memadai untuk dapat melangsungkan ujian nasional dengan berbasis komputer. Hal inilah yang menyebabkan mengapa tidak semua sekolah di indonesia dapat pelaksanaan UNBK terlebih jika sekolah berada pada pelosok indonesia, dimana jaringan internet masih sangat tidak stabil, sehingga sulit untuk dapat mengikuti UNBK pada tiap sekolah.

  1. Jaringan Internet Yang Belum Merata

seperti yang disinggung tadi, salah satu kekurangan dari UNBK adalah tidak semua sekolah memiliki akses internet yang baik, sehingga tidak semua sekolah bisa mengikuti UNBK dan masih mengikuti ujian nasional secara manual. Dengan internet yang tak stabil, jika dipaksakan tentu justru akan sangat membuat siswa stress dan tertekan, karena unbk sendiri menggunakan waktu jadi meskipun internet anda lama, makan anda tak dapat melanjutkan untuk menjawab berbagai soal berikutnya karena waktu telah habis untuk menunggu koneksi internet datang kembali.

  1. Pelaksanaan Ujian Nasional

karena jumlah komputer yang tak memenuhi minimal jumlah untuk pelaksanaan UNBK, terpaksa ujian nasional tak dilakukan secara serentak namun dilaksanakan secara bergelombang, karena pelaksanan un yang bergelombang tentu akan menyebabkan rasa khawatir dan berdampak pada mental siswa saat pelaksanaan ujian nasional, selain itu potensi kecurangan pun dapat terjadi lewat bocornya soal UN dari siswa yang ujian terlebih dahulu bisa memberi bocoran soal pada siswa yang belum melakukan ujian walaupun sebenarnya kemungkinan tersebut terbilang kecil untuk terjadi.

 

  1. Aliran Listrik

selain komputer dan internet, listrik juga bisa menjadi kendala pada unbk, karena tidak semua daerah di indonesia telah dialiri listrik, sekolah di pelosok daerah masih ada yang belum dapat fasilitas listrik. Lagi-lagi hal tersebut menjadi penyebab unbk tak bisa dilakukan oleh seluruh sekolah di indonesia.

 

 

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *