pendidikan

Daftar Jurusan Yang Ada di Universitas Pendidikan Indonesia

Apakah anda tahu mengenai Universitas Pendidikan Indonesia. Kampus yang lebih dikenal dengan sebutan UPI ini memiliki kualitas cukup bagus. Apalagi dalam kaitannya mencetak generasi yang mampu menjadi pengajar terbaik untuk masa depan bangsa. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa guru-guru sekolah sampai dengan dosen lahir dari perguruan tinggi yang berkualitas. Tentu ada banyak sekali jurusan yang ada di UPI. Konsentrasi utama dari universitas ini ialah dalam bidang pendidikan. Di mana jurusan yang dibangun adalah jurusan keguruan atau yang konsen terhadap dunia pendidikan. Bila anda mencari dan ingin mencoba bergabung dengan universitas ini maka terbagi menjadi 7 kategori fakultas dengan konsentrasi bidang studi yang berbeda beda.

Dimulai dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS), Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK), Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB), dan Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD). Beberapa fakultas yang ada tadi memiliki beberapa program studi yang bisa menjadi pilihan. Lulusan yang dihasilkan merupakan lulusan yang terbaik. Lulusan yang nantinya akan menjadi kaum terpelajar. Yang akan menjadi calon pendidik kelak untuk mencetak generasi yang terbaik bagi bangsa Indonesia. Setiap fakultas memiliki program studi yang favorit di lingkungan masyarakat. Namun, tahukah anda fakultas apa yang sering dijadikan sebagai tujuan?

pexels.com

Program Studi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia

Bagi anda yang belum mengenal Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) yang ada di UPI. Kali ini kami akan mencoba untuk mengenalkan untuk anda. Fakultas Ilmu Pendidikan atau yang sering disebut dengan FIP adalah salah satu fakultas yang terfavorit yang ada di Universitas Pendidikan Indonesia. Kehadirannya tidak tanggung tanggung karena mampu mencetak lulusan yang akan menjadi pendidik atau guru dan apapun yang konsen terhadap dunia pendidikan. Banyak hal yang bisa dipelajari dan ilmu yang akan didapatkan. Agar anda tahu lebih lengkapnya berikut ini merupakan program studi (Prodi) di dalam Fakultas Ilmu Pendidikan UPI.

  • Prodi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan

Bagi anda yang punya passion untuk membantu dalam upaya peningkatan kualitas dunia pendidikan maka prodi ini menjadi pilihan yang paling tepat. Anda akan melakukan itu semua dibalik layar. Dalam prodi ini anda akan mempelajari mengenai pengembangan, perencanaan sampai pengelolaan kurikulum. Bahkan anda juga bisa mengembangkan seputar teknologi pendidikan. Jadi cocok untuk yang ingin berkarir di sebuah lembaga pendidikan.

  • Prodi Administrasi Pendidikan

Masih seputar dunia pendidikan, tetapi khusus anda yang tidak tertarik menjadi guru. Akan tetapi anda sangat ingin tekun dalam pendidikan. Prodi yang paling dipilih ialah Administrasi Pendidikan.  Sebuah prodi yang nantinya akan muncul generasi yang bekerja dalam dunia administrasi lembaga pendidikan, baik sekolah, perguruan tinggi, bahkan sampai instansi pendidikan lainnya.

  • Prodi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan

Universitas Pendidikan Indonesia juga menghadirkan Prodi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Anda yang suka dengarkan curhatan dan memberikan solusi untuk setiap masalah mulai dari teman dan sahabat. Maka ini merupakan pilihan yang paling tepat Anda pilih. Jurusan ini adalah awal Anda untuk bisa menjadi seorang guru yang konsen dalam Bimbingan Konseling, bahkan bisa pula menjadi konselor baik di dalam sekolah ataupun di luar sekolah.

  • Prodi Pendidikan Luar Sekolah

Sebuah program studi yang dipersiapkan untuk mencetak pendidik dengan kemampuan pemberdayaan masyarakat. Hal yang akan dilakukan dengan melalui pembelajaran, bimbingan pelatihan sampai dengan penelitian. Seluruhnya ditempuh dengan melalui pendidikan non formal.

pexels.com
  • Prodi Pendidikan Khusus

Tertarik untuk membantu pendidikan anak-anak difabel atau berkebutuhan khusus. Program studi yang satu ini bisa jadi pilihan anda. Dalam prodi anda akan bisa memilih beberapa spesialisasi, yakni untuk Pendidikan Anak Tunadaksa, Pendidikan Anak Tunalaras, Pendidikan Anak Tunarungu, Pendidikan Anak Tunanetra dan Pendidikan Anak Tunagrahita.

  • Prodi Psikologi

Kalau yang satu ini prodi dengan lingkup yang terbilang luas. Di mana pengembangan untuk layanan untuk psikologi secara profesional. Banyak hal yang akan anda dapatkan terutama dalam masalah psikologi. Di mana anda akan mendapatkan hal mengenai alat untuk tes psikologi, ilmu umum psikologi dan berbagai penelitian dengan dasar keilmuan psikologi. Beda dengan yang tadi, arahnya ialah psikologi secara umum.

  • Prodi Perpustakaan dan Informasi

Manajemen perpustakaan dalam sebuah lembaga pendidikan haruslah ditata dengan sebaik mungkin. Anda kalau melihat sebuah perpustakaan dengan buku yang ditata rapi, ssbiai dengan kategori bukunya. Nah, itulah yang akan dipelajari lebih lanjut dalam prodi ini. Orang yang lulus dari prodi ini akan sangat dibutuhkan lembaga yang sudah pasti memiliki perpustakaan.

  • Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Khusus bagi anda yang berencana untuk menjadi guru SD prodi ini adalah pilihan yang tepat. Banyak ilmu yang tentunya akan anda pelajari. Mulai dari ilmu secara akademi atau mengenai adminstrasi dan bagaimana sistem pengelolaan kelas yang terbaik.

  • Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Prodi yang akan siap untuk melahirkan para pendidik serta tenaga kependidikan di sebuah Taman Kanak-kanak atau Pendidikan Anak Usia Dini. Tentu saja anda akan menjadi seorang yang profesional dalam bidang tersebut.

Itulah beberapa jurusan yang bisa anda temukan dalam Fakultas Ilmu Pendidikan yang dirangkum oleh inibagus.com. Banyak fakultas lainnya di Universitas Pendidikan Indonesia yang bisa menjadi pilihan anda belajar. Hampir keseluruhan fakultas atau prodi di universitas ini memang dikembangkan untuk memenuhi tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di Indonesia.

pexels.com

Apa Benar Susah Masuk ke UPI?

Pertanyaan yang banyak orang yang akan ialah kenapa bisa sulit untuk masuk ke Universitas Pendidikan Indonesia. Harus diakui anda yang ingin kuliah di kampus ini memang harus mempersiapkan dengan baik. Sebab pendaftar yang ingin belajar di kampus ini memang lumayan banyak UPI sendiri memiliki peminat yang setiap tahunnya selalu membludak. Hampir setiap penerima mahasiswa baru, ribuan orang mendaftar dan ingin diterima di salah satu jurusan yang ada di universitas ini. Persaingan itulah yang menjadi penyebab sulitnya untuk bisa masuk ke UPI.

Bila kemudian anda ingin bergabung dengan universitas ini maka anda harus memperhatikan beberapa hal. Paling utama anda perlu melakukan persiapan yang matang agar bisa mendapatkan satu tempat di Universitas Pendidikan Indonesia. Di kesempatan ini akan diberikan satu hal yang penting dan biasanya dijadikan sebagai acuan kerja ingin diterima di UPI. Hal yang dimaksud ialah berkaitan dengan passing grade. Anda harus pahami dan mengerti bahwa setiap jurusan memiliki passing grade. Hal yang kemudian akan menjadi ukuran sejauh mana kemampuan dan bagaimana langkah anda untuk belajar mendekati passing grade tersebut. Demikian ulasan yang bisa diberikan untuk bisa dijadikan sebagai referensi.

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *